Tak seorangpun menyukai kualitas pekerjaan mereka diremehkan, atau ada suara yang mempertanyakan keputusan mereka atau integritas mereka ditantang.
Tapi ini adalah soal bagaimana Anda berhadapan dengan kritik yang menentukan kekuatan Anda dan seberapa besar jiwa Anda. Kita dapat belajar banyak dari bagaimana kesuksesan orang menangani kritik.
Memahami kritik
Kritik pada umumnya menghadirkan kesempatan untuk membuat kemajuan. Pasti, ada beberapa orang yang mengambil kesenangan dengan cara sadistis dalam kritik, tetapi kebanyakan kritik sebenarnya dimaksudkan untuk bersifat membangun. Melawan, membantah atau tidak merespeknya sebaiknya tidak dilakukan saat menerima kritik yang mungkin saja merupakan koreksi kecil untuk hal-hal besar.Kesediaan untuk menerima kritik membangun dan tindakan di atasnya mencerminkan suatu profesionalisme dan kedewasaan.
Tentukan sumber kritik.
Apakah kritik itu berasal dari seorang rekan kerja, bawahan, klien, atau atasan? Bisa juga adalah kecemburuan? Banyak para manajer senior merasa terancam oleh para profesional muda yang sedang meniti karir.
Seorang bawahan mungkin mengkritik Anda untuk memandu Anda menyoroti kemampuan dan pekerjaannya yang luar biasa. Semuanya dia lakukan agar menonjol dan bisa jadi ia merasa gelisah.
Kritik dari klien, pada disisi jarang berdasarkan pada kecemburuan dan mungkin sepertinya untuk produk tersamar atau keluhan atas layanan.
Berikan perhatian tertentu atas kritik dari karyawan Anda. Salah satu laporan langsung Anda mungkin menentukan apakah itu suatu pelecehan seksual atau bisa menjadi penuntutan perkara.
Memahami darimana kritik berasal adalah kunci untuk mengetahui bagaimana cara menangkal yang terbaik.
Kurang dari seminggu dalam pemilu California 2003, para pendukung lawan memukul aktor dan calon gubernur Arnold Schwarzenegger dengan kritik yang berpotensi menjegal karir. Aktor Terminator itu lalu mengatakan tuduhan pelecehan seksual itu tak terbukti dan meminta maaf. Menyarungkan pedang dan meminta maaf mampu meredam isu tersebut. Mengingkarinya malah akan menghembus nyala api lebih besar lagi seperti yang bisa kita pelajari dari skandal Bill Clinton.
Beberkan keluar jika itu kesalahan Anda
Letakkan ego Anda ke samping. Jika kritik berjasa, dengarkan umpan balik secara obyektif dan pasti Anda memahami itu. Prtimbangkanlah pilihan Anda untuk mengoreksi situasi atau memecahkan masalah itu. Ada banyak CEO sukses dan para pelaku bisnis di luar sana yang membuat kekeliruan dan menerima kritik, tetapi mereka membuktikan bahwa mereka bisa meletakkan ego mereka ke samping, menilai situasi, mengambil kepemilikan, dan kembali bahkan lebih kuat.
Tokoh real estate Donald Trump sering dikritik untuk kelebihannya yang cermelang. Walaupun investasinya secara drastis mengurangi kekayaan bersihnya, ia tidak mengijinkan kritik untuk menghancurkannya mengagumi diri sendiri.
Multi-milyuner Edgar Bronfman Jr., CEO Seagram Company Ltd., juga melewatkan kritik. Walaupun orang mengkritik dan mengejek keputusannya membeli Polygram/Mca dan Universal Pictures, divisi entertainment terbukti mendorong citra perusahaan nya, tetapi bukan garis dasarnya.
David Stern adalah satu contoh bagaimana tidak menangani kritik: Ia sedang disalahkan untuk penampilan lemah dari NBA tapi menolak untuk menerima umpan balik negatif.
Jangan mencari kambing hitam
Tidak usah bersikeras, menyalahkan orang lain atau mengingkari isu dengan harapan isu akan mengabur. Suatu penjelasan sering nampak seperti suatu pengingkaran atau alasan.
Bersikaplah profesional.
Mantan CEO General Electric Jack Welch hanya sementara pudar saat proses pensiunnya pada Juli 2003 dimana saat itu dinilai bonusnya sangat jauh diluar kebiasaan. Bukannya mencoba untuk membelokkan atau bersikeras atas kritik itu, Welch memutuskan mengundurkan diri meninggalkan semua keuntungan pensiunnya dan menyelamatkan reputasi profesionalnya.
Jangan lawan system
Orang cenderung untuk menembak pesuruh itu. Anda mungkin telah dikritik untuk sesuatu yang tidak berada dalam kendali Anda. Barangkali kebijakan perusahaan adalah target yang riil, atau melibatkan keseluruhan departemen dalam proyek. Jangan mengambilnya secara pribadi, hindari bersikeras dan hadapi apapun juga berada dalam kendali Anda.
Agen check-in pesawat tidak bertanggung jawab atas reaksi gugup karena keterlambatan terkait kondisi cuaca atau kegagalan mekanik, tetapi bagaimana mereka menangani kerumunan para penumpang yang marah memperoleh kembali kontrol dan menciptakan suatu kesan positif.
Saat publik berbalik melawan Microsoft karena memonopoli perangkat lunak pasar, Bill Gates mengambil tanggung jawab. Bukannya bersembunyikan di belakang perusahaan, ia minta maaf dan mengambil tindakan untuk memajukan citra Microsoft-- dan ketenaran dirinya malah meningkat.
Jika Anda berperan sebagai pemimpin, ambillah bola panas di tim Anda. Bertemu dengan staff Anda untuk mendiskusikan permasalahan secara obyektif dan menciptakan solusi bersama-sama. Kritik membangun bisa merupakan suatu hadiah. Semua tergantung sikap Anda ketika menerima kritik itu.
Terima keterbatasan
Apa yang ada diatas kepala Anda? Jika Anda sedang dikritik tetapi tidak bisa diubah, pindahlah ke strategi B. Barangkali orang lain perlu membuat presentasi jika Anda tak mampu berbicara didepan umum. Kenalilah bagaimana dan kapan untuk mendelegasikan.
Pendiri Yahoo! kebanyakan orang teknik, semua tanpa ketrampilan bisnis dan pengalaman untuk lihat gambaran yang lebih besar dan membuat perusahaan sukses. Mereka mengenali ini dan tidak membiarkan ego berdiri di jalan, mereka tahu kapan untuk menepi dan mendelegasikan tugas ke orang lain.
Komentar kritis dari suatu pribadi seringkali lebih sulit untuk diterima, tetapi orang sukses mengembangkan kemampuan untuk menolak atau membelokkan kritik yang bukan tentang kemampuan profesional mereka. Saat pewawancara menyebutkan merek dagang model rambut nya, Donald hanya tertawa.
Apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan soal Kritik
· Dengarkan secara obyektif
· Tanyakan secara spesifik
· Cari pendapat kedua dan lakukan penelitian Anda
· Mintalah maaf, ambil alih kepemimpinan dan tanggungjawaby
· Perlihtakan Anda mengambil masukan sebagai bahan pertimbangan
· Lakukan tindakan koreksi
· Belajarlah soal itu
· Jangan abaikan kritik
· Jangan bersikeras, marah atau emosi
· Jangan habiskan waktu untuk mencari pembenaran
· Jangan bereaksi penuh emosi sebelum mempertimbangkan rencana aksi terbaik
· Jangan menyalahkan yang lainnya
· Jangan menolak bertanggung jawab
· Jangan memikirkan kesalahan
Bersikaplah jantan
Kritik dapat diakibatkan oleh kurang perasaan, pelanggaran nyata atau harapan yang tak mampu. Kritik dapat juga berasal dari kepicikan, kecemburuan dan "karena sindrom sedang tidak dalam kondisi baik' Kritik membangun hanya dapat berdampak pada Anda secara negatif jika Anda terus mencaci maki diri sendiri. Maka fokuslah pada kesuksesan Anda.
sumber : kapanlagi.com
sumber gambar / page source : klik di sini / click here
No comments:
Post a Comment